Download Materi Kuliah Keperawatan - Gratis

RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Berlangganan Artikel via E-Mail:
 

Leaflet BBLR - Penangan Bayi Berat Lahir Rendah

Posted By Revolusi Pendidikan On 2:35 PM Under
>> Definisi
Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah Bayi yang lahir berat badannya kurang dari 2500 gram.

>> Tanda-Tanda
 Bayi lebih kecil dari bayi baru lahir yang normal.
 Lingkaran lengan atas bayi kurang dari 9 cm. (diukur pada pertengahan lengan atas).
 Tubuhnya kurang berisi, ototnya lembek dan kulitnya mungkin keriput atau tipis.
 Mudah tersedak (keselek)
 Malasa mengisap
 Cepat kenyang

>> Penyebab
 Bayi kurang bulan
 Ibu hamil pekerja berat
 Ibu hamil kurang darah
 Ibu hamil sering sakit
 Ibu hamil dengan jarak kehamilan kurang dari 2 tahun
 Ibu hamil kurang gizi
>> Pencegahan
 Makan 2x lebih banyak atau 1x lebih sering daripada sebelum hamil.
 Memeriksakan kehamilannya paling sedikit 4x selama kehamilannya.
 Mengurangi kerja berat yang melelahkan dan istirahat yang cukup
 Mengatur jarak kehamilan minimal 3 tahun.

>> Tanda-Tanda Bayi Lemah dan Kedinginan
 Kaki teraba lebih dingin daripada tubuh.
 Bayi tidak dapat dihangatkan, wajah dan ujung jarinya pucat kebiruan.
2 hal diatas dapat mengakibatkan bayi sulit dihangatkan kembali, mudah terkena penyakit, meninggal jika suhu tubuh semakin turun.

>> Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)
 Jagalah bayi agar tubuhnya tetap hangat sampai bayi menjadi lebih kuat dan berat badan menjadi normal.
 Rawat tali pusat dengan bersih dan teratur, pakailah kain kasa (perban) yang dibubuhi alkohol 70% dang anti setiap hari.
 Berikan ASI atau susu setelah lahir setiap hari dan usahakan sesering mungkin dalam porsi kecil sesuai kemampuan bayi.
 Jauhkan bayi dari orang sakit, sebaiknya ibu memakai kain penutup pada hidung dan mulut pada waktu menyusui bayi.

>> Cara Membersihkan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)
 Segera setelah tali pusat dipotong, tubuh bayi dilap dengan kain lunak yang bersih dan kering dari kotoran (air ketuban, darah, lendir).
 Setiap hari bayi dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi minyak kelapa atau baby oil yang sudah dihangatkan.
 Jika bayi setelah 3-7 hari sudah tampak lebih kuat (salah satu tandanya : dapat minum lebih baik), bayi dapat dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

(kumpulan tugas lealfet keperawatan)
AMISHA
February 18, 2020 at 7:53 AM

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Post a Comment