Download Materi Kuliah Keperawatan - Gratis

RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Berlangganan Artikel via E-Mail:
 

Konsep masyarakat

Posted By Revolusi Pendidikan On 9:35 PM Under
Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul, saling berinteraksi ( koentjaraningrat. 1990). Masyarakat merupakan kesatuan-kesatuan hidup manusia, yang dalam bahawsa inggrisnya dipakai istilah society, yang berarti kawan. Istilah masyarakat berasal dari bahasa arab yang berarti ikut serta, berpartisipasi.

Ciri-ciri suatu masyarakat seperti yang dikemukakan oleh koencaraningrat (1990), adalah sebagai berikut :
a) Interaksi antar warga-warganya.
b) Adat Istiadat, norma-norma, hukum-hukum dan aturan-aturan khas yang mengatur seluruh pola tingkah laku warga kota atau desa.
c) Suatu komunitas dalam waktu.
d) Suatu rasa identitas kuat yang mengikat semua warga.
Dengan demikian masyarakat adalah suatu kesatuan hidup manusdia yang berinteraksi menurut suatu system adapt istiadat tertentu yang bersifat kontinyu, dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama ( koentjaraniongrat. 1990).

Dalam memberikan asuhan perawatan kesehatan masyarakat, perawat melihat masyarakat sebagai kumpulan individu dalam suatu hubungan yang saling ketergantungan untuk memperoleh kebutuhan hidupnya secara terorganisir. Masyarakat merupakan suatu bentuk sistem sosial, dalam hubungan dengan lingkungannya, akan berusaha mencapai tingkat pemenuhan kebutuhan seperti yang dikemukakan oleh Maslow maupun A. Khalish, termasuk didalamnya untuk memenuhi kebutuhan akan asuhan keperawatan dan pelayanan kesehatan.

Post a Comment