Download Materi Kuliah Keperawatan - Gratis

RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Berlangganan Artikel via E-Mail:
 

Pernapasan pada burung

Posted By Revolusi Pendidikan On 02.25 Under
Pernapasan pada burung berbeda dengan hewan lainnya karena melibatkan pundi-pundi udara.Alat pernapasan pada burung selain sepasang paru-paru adalah lubang hidung(nares),celah tekak,dan batang tenggorokan(trakea).Nares terdiri dari sepasang di pangkal paruh atas dan pada langit-langit rongga mulut.Trakea akan bercabang menjadi bronkus kiri dan bronkus kanan.Percabangannya dinamakan bifurkasi trakea.Pada percabangan ini terdapat siring yang merupakan alat suara burung,karena adanya siring maka burung bisa berkicau.

Paru-paru burung tidak memiliki alveoli,tetapi memilki parabronki yang banyak mengandung kapiler darah. Parabronki ini tempat pertukaran udara.Burung memiliki pundi-pundi udara sebanyak empat pasang dan sebuah pundi yang namanya bergantung pada lokasi,yaitu kantung udara leher(saccus servicalis),kantung udara antartulang selangka((saccus interclavicularis),kantung udara dada depan(saccus toracalis anterior),kantung udara dada belakang(saccus toracalis posterior),dan kantung udara perut(saccus abdominalis).
Pundi-pundi udara dapat membantu proses pernapasan,terutama pada waktu terbang.


Tag : Mekanisme Pernafasan burung, Alat Pernapasan pada burung, Pundi Udara pada Burung, Saluran Pernafasan pada burung, makalah tentang Pernafasan pada burung

Poskan Komentar

Iklan Anda

ALT/TEXT GAMBAR